Alun-Alun Kidul (Selatan) Yogyakarta

Alun-Alun Kidul (Selatan) Yogyakarta

SELECT A LANGUAGE

Kasultanan Yogyakarta merupakan salah satu kerajaan Islam di pulau Jawa yang mempunyai Alun-alun. Alun-alun ada 2 yaitu : alun-alun yang terdapat pada bagian depan Keraton yaitu (Alun-alun Utara ) dan alun-alun yang terdapat pada bagian belakang keraton yogyakarta yaitu ( Alun-alun Selatan ). Kedua alun-alun tersebut mempunyai fungsinya masing-masing.

Alun-alun Selatan Yogyakarta dikenal dengan nama Alkid diyakini sebagai tempat istirahat ( palereman ) bagi para Dewa. Oleh karena itu alun-alun tersebut sekarang ini banyak digunakan orang sebagai tempat menentramkan hati banyak orang.

Pada masa lalu, alun-alun selatan banyak digunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan prajurit keraton.

Saat ini sudah tidak ada prajurit yang melakukan latiihan ketangkasan di tempat tersebut. Areal yang terbuka dan berfungsi sebagai ruang publik dan arena hiburan untuk masyarakat. Setiap hari, tempat ini banyak didatangi oleh masyarakat dari berbagai usia.

Daerah alun-alun Kidul merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para pendatang yag bermukim di Yogyakarta sebelum kembali pulang ke daerah asalnya masing-masing.

Walaupun sudah banyak perubahan fungsi dari Alun-alun Kidul, setidaknya ada satu hal yang tidak berubah yaitu tetap mampu menjadi tempat untuk menenangkan hati. Walaupun sekedar duduk-duduk dan bercengkrama sambil menyaksikan aktivitas yang dilakukan orang di dalam Alun-alun Kidul.

Sebagai salah satu icon Yogyakarta selain Tugu Jogja, Malioboro, Keraton dan Tamansari Alun-alun Kidul merupakan salah tujuan wisata favorit wisatawan. Menjelang sore Alkid mulai ramai dikunjungi oleh rombongan keluarga yang refresing menghabiskan waktu menunggu adzan Magrib.

Setelah malam suasana akan semakin bertambah ramai dikunjungi oleh wisatawan yang mencoba melakukan masangin atau sekedar untuk kumpul-kumpul di tepi jalan. Suasana akan bertambah indah karena lampu hias disana sini mulai menampakkan dirinya di malam hari.Terdapat menu khas yang terdapat di tempat ini , sambil duduk duduk menikmati makanan di angkringan atau lesehan, wisatawan dapat memesan minuman khas yang disediakan di warung tesebut yaitu wedang bajigur, wedang ronde dan jagung bakar.

Pada waktu-waktu tertentu dari pihak keraton menggelar pagelaran wayang kulit di Sasono Hinggil Dwi Abad. Selain itu pada waktu tertentu menjelang upacara Grebeg, wisatawan dapat melihat kesibukan persiapan para prajurit Keraton yang akan bertugas dalam upacara Grebeg. Di Alun-alun Kidul para prajurit berkumpul melakukan gladi resik sebelum perayaan.

Tertarik berkunjung ke Jogja saat liburan? Kami Djogja Enjoy Transport and Tour Service menawarkan paket wisata murah berkualitas dan rental mobil beserta sopir. Selain itu, kami juga melayani akomodasi hotel, paket makan siang atau malam, dan berbagai keperluan wisata lainnya. Untuk pemesanan anda dapat menghubungi kontak yang bisa dihubungi di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Booking Sekarang